19 Oktober 2016

Apa itu Virtual Credit Card (VCC)



Virtual Credit Card
Saat ini, melakukan transaksi lewat internet atau lebih dikenal dengan istilah belanja online dapat kita lakukan dengan perangkat teknologi yang sudah kita miliki seperti laptop, handphone, tablet dll. Untuk pembayaran belanja online secara global biasanya menggunakan kartu kredit. Namun tak semua dari kita memiliki kartu kredit, bagi yang tidak memiliki kartu kredit, ada solusi atau jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menggunakan VCC (Virtual Credit Card), kartu kredit virtual. Apa itu virtual credit card? simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Virtual Credit Card

Virtual credit card (VCC) adalah sebuah virtual credit card number (VCN) yang secara umum dibuat untuk keperluan pembayaran online. VCC tidak memiliki bentuk fisik seperti kartu kredit pada umumnya melainkan hanya berupa data digital berupa nomor/angka saja. VCC dibuat oleh bank khusus untuk melayani transaksi yang dilakukan lewat internet. Selain Bank, juga ada banyak web penyedia layanan untuk menerbitkan VCC yang tentunya sudah bekerjasama dengan perusahaan kartu kredit seperti visa, mastercard, amex dll. Pada awalnya VCC dibuat untuk mengontrol transksi pembayaran karena sering sekali terjadi kesalahan penggunaan (fraud) saat transaksi, selain itu VCC dibuat untuk melindungi keamanan data-data pada kartu kredit karena makin maraknya web peretas yang mampu mencuri bahkan mengkloning data kartu kredit untuk disalahgunakan, untuk itulah beberapa bank sengaja membuat VCC ini untuk mencegah kejadian tersebut.

Tidak seperti kartu kredit, VCC hanya bisa digunakan secara online saja namun pada prinsipnya tidak ada perbedaan antara VCC ini dengan kartu kredit, keduanya mempunyai nomor kartu yang terdiri dari 16 digit, tanggal kadaluarsa (expired date) serta yang terakhir memiliki kode keamanan (CSC/CVC/CVV/CVV2) yang berjumlah 3 digit.

Fungsi dari VCC

VCC atau Virtual Credit Card secara garis besar saat ini mempunyai 2 fungsi, yang pertama fungsi dasarnya sebagai sarana pembayaran barang dan jasa secara online, yang kedua hanya untuk memverifikasi akun seperti paypal, google adwords, loffer, amazon, payza, etsy, ebay dan lain sebagainya supaya dapat digunakan secara maksimal.

Berbelanja secara online dengan VCC dapat dilakukan di toko online atau merchant manapun yang yang tentu saja harus ada dana/balance di dalamnya. Menariknya menggunakan VCC adalah pengguna bisa mengatur pemakaian dana dengan batas minimum dan maksimum transaksi per harinya sehingga tagihan kartu kredit bisa terkontrol.

Saat ini untuk bisa menggunakan VCC tidak harus memiliki kartu kredit, karena sekarang sudah banyak yang menjual VCC baik untuk berbelanja ataupun verifikasi, tinggal searching melalui google. Sekian artikel tentang apa itu Virtual Credit Card (VCC), semoga bermanfaat.

Source:
Controlled payment number (wikipedia)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon