29 Oktober 2016

Perbedaan VCC dan Kartu Kredit



Perbedaan VCC dan Kartu Kredit

Masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara VCC dengan kartu kredit biasa. VCC memang sering digunakan untuk kegiatan online seperti belanja ataupun verifikasi akun online sama halnya dengan kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank. Orang menggunakan VCC karena mereka tak punya kartu kredit yang dikeluarkan pihak bank ataupun karena alasan lainnya, mulai dari karena proses pembuatan kartu kredit yang sangat susah dan rumit serta lamanya penerbitan kartu kredit oleh pihak bank, atau karena masalah keamanan yaitu menghindari penggunaan kartu kredit dari ancaman scam dalam dunia online.

VCC dengan kepanjangan Virtual Credit Card sebenarnya merupakan bentuk virtual dari kartu kredit itu sendiri, yang fungsi awalnya membatasi/mengontrol pembayaran supaya tidak terjadi fraud ataupun tagihan yang tidak diinginkan, serta untuk menghindari scamers. Nah, walapun memiliki fungsi yang hampir sama, lalu apa bedanya? berikut kami jelaskan beberapa perbedaan VCC dengan Kartu Kredit.

Media Kartu

Yang paling jelas terlihat adalah media yang digunakan antara kartu kredit biasa dan VCC. Bentuk kartu kredit biasa pastinya sudah Anda ketahui, yaitu berupa kartu plastik yang mirip dengan kartu debit yang sebagian orang sering menyebutnya dengan kartu ATM. Di kartu ini tercatat nomor kartu, kode kemanan, masa expired yang diperlukan saat transaksi. Kalau kartu kredit biasa, bentuknya sama dengan kartu debit bagi nasabah. Cara pemakaiannya pun bisa untuk transaksi belanja/pembayaran secara online ataupun offline dan bisa dipakai untuk menerima pembayaran dari tarikan dana (withdraw).

Berbeda dengan VCC. Kartu jenis ini tak punya bentuk. Namanya saja virtual, jadi cuma ada dalam versi online. Artinya, VCC tidak membutuhkan bentuk fisik karena hanya digunakan dalam dunia online saja karena hanya berupa kode dan nomor yang secara umum sama seperti kartu kredit biasa. Penggunaannya pun hanya terbatas untuk aktivitas online serta tidak bisa digunakan belanja secara offline ataupun untuk menerima pembayaran dari penarikan dana.

Sumber Dana untuk Transaksi

Perbedaan lainnya adalah sumber dana yang digunakan untuk transaksi. Kartu kredit biasa mendapatkan dananya berdasarkan limit atau batasan yang ditentukan oleh pihak bank. Batasan itulah yang hanya bisa digunakan oleh pemilik kartu kredit untuk setiap transaksi yang dijalankan. Lalu dari mana sumber dana untuk VCC? Nah, kartu virtual ini umumnya mendapatkan dana hanya dari saldo nasabah itu sendiri. Jadi, dananya dibatasi dan cuma bisa digunakan untuk tujuan tertentu misalnya hanya untuk pembayaran dengan jumlah dana yang diperlukan saja ataupun untuk verifikasi akun online seperti PayPal, iTunes, Google dll.

Dari dua perbedaan itu sebenarnya sudah bisa dipahami apa yang membuat VCC lebih sering dipilih. Bahkan bagi mereka yang sebetulnya sudah punya kartu kredit tetap ingin menggunakan VCC dalam kegiatan transaksi online.

Kenyamanan

Lebih jelasnya bisa kita uraikan apa saja hal yang membuat orang merasa lebih nyaman menggunakan VCC. Sampai saat ini, jumlah penggunanya terus bertambah karena menyadari pentingnya menggunakan VCC dalam hal keamanan serta kepraktisan. Contohnya dalam masalah keamanan, hanya dengan menggunakan VCC, kita sebagai pemilik rekening PayPal tak perlu lagi menautkan kartu kredit kita. Sebagian orang ada yang khawatir untuk memberikan informasi kartu kredit mereka karena takut terjadi penyalahgunaan dan sebagainya. Nah, VCC ini merupakan salah satu solusi yang tepat untuk menjamin kenyamanan pemilik akun PayPal.

Alasan selanjutnya, karena merupakan solusi yang sangat praktis jika tidak memiliki kartu kredit. Bayangkan berapa besarnya biaya dan lamanya waktu untuk membuat kartu kredit di bank. Padahal, tujuannya hanya untuk pembayaran online dengan dana yang sedikit ataupun hanya untuk verifikasi akun PayPal. Nah, kehadiran VCC ini merupakan terobosan terbaik yang sangat bermanfaat bagi kalian yang sering bertransaksi online, cara mendapatkannya pun mudah karena saat ini sudah banyak penjual VCC bertebaran di internet, salah satunya RumahPaypal yang kami rekomendasikan atau Anda bisa juga mencarinya di Google.

Nah, itulah beberapa perbedaan mendasar antara VCC dan kartu kredit biasa. Diharapkan bisa menjadi lebih jelas dan membantu dalam menentukan bahan-bahan pertimbangan melakukan verifikasi akun rekening PayPal dalam waktu yang singkat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon