Profil dan Produk Perusahaan Asuransi Ramayana

Wednesday, August 15, 2012

Bagikan ya :
asuransi ramayanaAsuransi Ramayana adalah perusahaan asuransi yang sudah berdiri sejak tahun 1956 di Indonesia.

Mungkin terdengar kurang familiar karena asuransi ini lebih berfokus ke pengangkutan dan proteksi barang-barang impor pada awalnya, walaupun akhirnya memiliki produk-produk asuransi umum lainnya.

Asuransi Ramayana tepatnya telah berdiri pada tanggal 6 Agustus 1956 dengan nama PT. Maskapai Asuransi Ramayana. Awal terbentuknya perusahaan asuransi ini seperti yang telah disebutkan adalah untuk memenuhi kebutuhan akan perlindungan barang-barang impor dan ekspor. Perkembangan terakhir adalah pada tahun 2005, Asuransi Ramayana pun memiliki kantor cabang syariah karena banyaknya permintaan jasa asuransi syariah.

Produk Asuransi Ramayana
Berikut daftar produk yang ditawarkan oleh Asuransi Ramayana:

ASURANSI RAMAYANA - PROPERTI
Asuransi Ramayana dalam bidang properti ini berfungsi untuk melindungi properti dari setiap kemungkinan yang tidak diinginkan yang bisa saja terjadi di luar kendali. Asuransi properti ini meliputi 3 produk berikut ini:

1. Asuransi Kebakaran
Asuransi kebakaran dari Asuransi Ramayana ini berfungsi untuk menjamin dan memberikan perlindungan terhadap harta benda atau kepentingan lainnya yang dipertanggungkan akibat risiko kebakaran. Risiko kebakaran tersebut meliputi kebakaran standar, ledakan, petir, jatuh pesawat dan asap.

2. Home StopRisk
Asuransi Home StopRisk dari Asuransi Ramayana ini berfungsi untuk memberi jaminan terhadap kerugian dan kerusakan harta benda atau yang lainnya di rumah tinggal Anda. Luas jaminan tersebut mencakup petir, kebakaran, petir, ledakan, jatuh pesawat terbang dan asap. Dengan penambahan premi, Anda pun bisa mendapatkan jaminan yang lebih luas lagi.

3. Property / Industrial All Risk
Jenis asuransi Properti / Industrial All Risk yang juga disingkat menjadi PAR/IAR dari Asuransi Ramayana ini adalah termasuk asuransi paling populer karena menanggung dan memberi jaminan terhadap hampir semua risiko kerugian finansial yang tercantum dalam pengecualian jenis asuransi lainnya.

ASURANSI KENDARAAN
Asuransi kendaraan yang ditawarkan oleh Asuransi Ramayana mencakup perlindungan terhadap kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor yang dimiliki oleh si tertanggung. Berikut beberapa produk yang merupakan bagian dari asuransi kendaraan dari Asuransi Ramayana:

1. Asuransi Kendaraan Bermotor
Asuransi yang menjamin ganti rugi akibat kerusakan yang dialami kendaraan bermotor akibat berbagai peristiwa.

2. Oto StopRisk
Asuransi ini memberi jaminan lebih luas karena tidak hanya memberi jaminan karena kerusakan tetapi juga karena pencurian atau karena hura hara yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

3. Alat Berat
Asuransi ini berfungsi untuk memberi jaminan terhadap kerusakan dan kehilangan alat-alat berat.

ASURANSI PENGANGKUTAN
Asuransi Ramayana yang ini memberikan jaminan perlindungan kepada barang-barang yang menjalani pengangkutan apabila terjadi kerusakan dengan alat angkut perjalanan darat, laut ataupun udara. Berikut jenis-jenis asuransi yang dimiliki oleh Asuransi Ramayana untuk asuransi pengangkutan:

1. Asuransi Pengangkutan Laut, Darat dan Udara
Asuransi ini memiliki fungsi memberi jaminan terhadap pengangkutan barang baik yang melalui laut, darat dan udara.
2. Asuransi Rangka Kapal
Asuransi ini memiliki kegunaan memberikan perlindungan atas operasional kapal laut yang meliputi: Rangka kapal (Hull), Machinery.

ASURANSI REKAYASA
Asuransi rekayasa adalah produk asuransi yang ditawarkan oleh Perusahaan Asuransi Ramayana yang berfungsi memberikan proteksi terhadap risiko-risiko pekerjaan proyek yang sedang dilakukan oleh si tertanggung. Asuransi tersebut meliputi produk asuransi:

1. Asuransi Risiko Pembangunan
2. Asuransi Peralatan Elektronik
3. Asuransi Kerusakan Mesin

Selain produk asuransi-asuransi yang telah dijelaskan di atas, Asuransi Ramayana juga memiliki produk asuransi-asuransi lainnya yang lebih memberikan proteksi spesifik sesuai dengan kebutuhan si tertanggung, yakni sebagai berikut:

ASURANSI ANEKA
Produk asuransi dari Asuransi Ramayana ini memenuhi kebutuhan yang lebih spesifik, antara lain:

1. Asuransi Uang,
Berfungsi untuk memberikan jaminan perlindungan terhadap kehilangan uang yang diakibatkan oleh berbagai hal dan di berbagai tempat.
2. Asuransi Kecelakaan Diri,
Memberikan proteksi terhadap kematian, cacat seumur hidup, biaya perawatan dan obat akibat suatu kecelakaan.
3. Liability
Berfungsi menjadi proteksi bagi seseorang yang harus membayar ganti rugi pihak lain apakah yang berkenaan dengan penyakit dan kematian atau kerusakan.

BOND
Asuransi ini melibatkan tiga pihak yang terlibat dalam sebuah perjanjian. Produk asuransi ini terdiri dari dua jenis asuransi, antara lain:

1. Surety Bond, yakni jaminan kepada pemilik proyek akan suatu kerugian karena kegagalan yang menjalankan proyek tersebut.
2. Custom Bond, jaminan bagi pihak terjamin dalam hal ini yang menjalan proyek.

SYARIAH
Seperti yang telah disebutkan di awal, Asuransi Ramayana merambah ke pasar asuransi syariah yang berprinsip kepada syarikat tolong-menolong Syariah Islam.

Baca juga:
Asuransi Takaful
Hukum Asuransi

Silahkan Bagikan Artikel ini ya Teman :)
Bagikan ya :

0 komentar:

Post a Comment