Produk Asuransi Takaful - Pelopor Asuransi Syariah Indonesia

Wednesday, August 15, 2012

Bagikan ya :
asuransi takafulAsuransi Takaful adalah pelopor asuransi syariah di Indonesia. Perusahaan Asuransi Takaful berdiri pada tanggal 24 Februari 1994 yang diprakarsai oleh Tim Pembentukan Asuransi Takaful Indonesia atau TEPATI dan digerakkan oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia melalui Yayasan Abdi Bangsa. Selain itu, Bank Muamalat Indonesia, Departemen Keuangan RI, Asuransi Jiwa Tugu Mandiri dan beberapa pengusaha Muslim asal Indonesia turut memotori Asuransi Takaful di bawah naungan Perusahaan PT Syarikat Takaful Indonesia.

Asuransi Takaful memberikan jasa asuransi kepada masyarakat Indonesia yang dilandaskan pada prinsip Syariah Islam dan telah berjalan sekitar satu dasawarsa. Perusahaan Asuransi Takaful sendiri memiliki dua cabang perusahaan operasional yakni:

1. PT Asuransi Takaful Umum (Asuransi Umum Syariah)
Perusahaan asuransi ini berdiri pada tahun 1994, tepatnya pada tanggal 4 Agustus 1994 dan beroperasi resmi sejak tanggal 25 Agustus 1994.

2. PT Asuransi Takaful Keluarga (Asuransi Jiwa Syariah)
Perusahaan ini diresmikan pada tanggal 2 Juni 1995 oleh Menristek/Ketua BPPT Prof. Dr. B.J. Habibie.

Kepemilikan Perusahaan Asuransi Takaful
Saham mayoritas di Perusahaan Asuransi Takaful dimiliki oleh Syarikat Takaful Malaysia Berhad sebesar 56%, Islamic Development Bank memiliki saham sebesar 26,39% dan selebihnya dimiliki oleh PNM atau Permodalan Nasional Madani, Bank Muamalat dan Yayasan Abdi Bangsa. Untuk menjaga kualitas layanan jasa asuransi yang diberikan oleh Asuransi Takaful, maka untuk perusahaan Asuransi Takaful memperoleh sertifikat Sertifikasi ISO 9001:2000 dari SGS JAS-ANZ dari Selandia Baru untuk Asuransi Takaful Umum. Sedangkan Asuransi Takaful Keluarga mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2000 dari dari Det Norske Veritas (DNV) dari Belanda.

Penghargaan terhadap Asuransi Takaful pun telah diraih yakni di antaranya adalah: MUI Award 2004 dengan predikat sebagai Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia dan oleh Majalah InfoBank 2004 dan 2005 memberikan penghargaan kepada Asuransi Takaful sebagai Asuransi Syariah yang Sangat Bagus dan sebagai Pioner Asuransi Umum Syariah oleh Investor Syariah Award, serta penghargaan lainnya yang bisa Anda di situs www.takaful.com.

Produk Asuransi Takaful Indonesia
Berikut produk asuransi yang ditawarkan oleh Asuransi Takaful Indonesia:

1. Asuransi Takaful Umum, yang berfokus pada pemberian layanan dan bantuan kepada tertanggung oleh karena kerugian seperti kebakaran, pengangkutan, kendaraan bermotor dan niaga. Asuransi ini berfokus kepada perlindgungan yang disesuaikan dengan Muamalah Syariah Islam. Produk-produk yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

-Takaful Baituna
-Takaful Surgaina
-Takaful Abror
-Takaful Ansor
-Takaful Rekayasa
-Takaful Aneka
-Takaful Kebakaran
-Takaful Pengangkutan & Rangka Kapal
-Takaful Kendaraan Bermotor

2. Asuransi Takaful Keluarga yang berfokus pada pemberian layanan dan bantuan serta investasi yang menyangkut asuransi jiwa dan keluarga, untuk kesejahteraan masyarakat yang tentu dilandaskan pada Muamalah Syariah Islam. Produk yang ditawarkan oleh Asuransi Takaful Keluarga pun meliputi layanan individual, layanan grup atau kumpulan, bancassurance dan khusus asuransi kesehatan. Berikut pengelompokannya:

a). Asuransi Takaful Keluarga Layanan Individual yang mencakup:
-Takafulink
-Takaful Kecelakaan Diri
-Fulnadi
-Takafulink Alia
-Takaful Ukhuwah

b). Asuransi Takaful Keluarga Layanan Grup / Kumpulan yang mencakup:
-Takaful Ordinary: Takaful Al Khairat, Takaful Kecelakaan Diri, Takaful Kecelakaan Siswa, Takaful Wisata & Perjalanan.
-Bancassurance: Takaful Pembiayaan.
-Takaful Kesehatan: FulMedicare.

Selain produk-produk umum di atas, ternyata Asuransi Takaful pun memiliki produk unik lainnya yang bisa dinikmati oleh kalangan khusus, antara lain sebagai berikut:

1. Asuransi Takaful Safari yang diperuntukkan kepada pelanggan Telkomsel yang memberikan asuransi jiwa dalam rentang waktu 10 hari dengan nilai perlindungan hingga senilai Rp 100 juta dengan pemotongan pulsa Rp 8.000/10 hari.
2. Asuransi Takaful Fulprotek yang berupa kartu dan memiliki fungsi sebagai kartu asuransi, ATM dan debit.

Sebagai informasi, terdapat banyak rumah sakit rekanan yang bekerja sama dengan Asuransi Takaful dan bengkel rekanan bagi Anda yang memilih asuransi Takaful umum. Hal ini akan memberi jaminan bagi Anda yang menjadi nasabah Asuransi Takaful.

Bagi Anda yang penasaran dengan berbagai produk asuransi syariah yang ditawarkan oleh Asuransi Takaful ini bisa mengakses situs resmi mereka, atau Anda juga bisa berkunjung ke kantor pusat mereka di Jakarta. Anda yang berada di daerah lain pun bisa mengunjungi kantor-kantor cabang yang dimiliki oleh Asuransi Takaful yang berada di berbagai daerah di Indonesia seperti Depok, Tangerang, Bogor, Surabaya, Bali, Medan Lhokseumawe, Batam, Palembang dan kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Baca juga:
Hukum Asuransi
Perkembangan Asuransi Syariah

Silahkan Bagikan Artikel ini ya Teman :)
Bagikan ya :

0 komentar:

Post a Comment