30 Juli 2019

Cara Mencari Lowongan Kerja Via Online

lowongan kerja online

Mencari lowongan kerja online memang tidak semudah kelihatannya. Memang untuk melamar salah satu pekerjaan anda hanya perlu menekan tombol apply. Tapi apakah anda akan menghabiskan waktu anda untuk melakukan apply pada perusahaan yang tidak sesuai dengan anda? Untuk anda yang ingin menggunakan waktu anda secara efektif dalam mencari pekerjaan secara online, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kami berikan.

Gunakan fitur pencarian spesifik

Banyak dari kita yang mungkin sudah merasa putus asa dalam mencari pekerjaan secara online, hal ini mungkin disebabkan karena pencarian pekerjaan yang sesuai dengan bidang kita memang tidak tepat. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki pencarian pekerjaan anda adalah dengan menggunakan fitur pencarian. Buat pencarian anda menjadi lebih sempit dengan memasukkan kategori-kategori yang sesuai dengan yang anda inginkan dan di mana anda ahli.

Fokus pada pencarian anda

Ketika anda menemukan pekerjaan yang mungkin cocok dengan anda pastikan untuk melihatnya lebih dalam lagi. Terkadang orang-orang dengan asal-asalan melamar pekerjaan yang sekiranya mereka cocok entah itu masalah gaji, masalah pendidikan atau dari segi lainnya. Mereka berpikir makin luas mereka menjaring akan makin banyak ikan yang masuk dalam perangkap. Tapi ternyata hal ini tidak selalu benar.

Ketika anda akan mencari pekerjaan secara online, maka pastikan anda lebih fokus mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi anda. Makin banyak kualifikasi yang sesuai akan membuat anda memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk mendapatkan panggilan dari usaha anda untuk melamar di perusahaan tersebut. Jadi pastikan sebelum anda memulai perburuan anda, pastikan terlebih dahulu pekerjaan seperti apa yang ada inginkan.

Jangan berhenti melamar pekerjaan

Ketika anda sudah melamar salah satu pekerjaan, maka pastikan untuk terus mencari lowongan kerja online. Jangan pernah menunggu sampai perusahaan memanggil anda untuk melakukan proses rekruitasi selanjutnya. Berharap bukan hal yang salah tapi jika terus menunggu anda akan kehilangan waktu banyak untuk hal yang tidak pasti.

Buat surat lamaran dan CV yang indah

Menghiasi surat lamaran dan juga CV adalah hal yang penting untuk dilakukan. Tapi menghias di sini bukan dalam artian menghias secara visual. Menghias surat lamaran dan CV secara visual bukan hal yang salah untuk dilakukan, akan tetapi jika anda ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih layak atau ingin di notice oleh perusahaan incaran anda pastikan dan menghiasi 2 kertas tersebut dengan nilai jual anda yang membuat perusahaan merasa bahwa anda adalah salah satu calon terbaik yang mereka miliki.

Untuk anda yang ingin mendapatkan panduan untuk membuat surat lamaran yang benar, ada bisa mengecek artikel kami sebelumnya mengenai cara membuat surat lamaran yang menjual. Lalu bagaimana dengan CV anda? Untuk membuat CV sesungguhnya cukup tricky. Sebuah CV digunakan untuk menarik dengan pengalaman dan juga penghargaan yang pernah anda capai, akan tetapi anda juga tidak perlu memasukkan semua pengalaman anda dalam CV anda. Mengapa? Hal ini disebabkan karena memberikan semua pengalaman kerja anda mungkin akan membuat nilai anda terlalu tinggi? Lho?

CV memang dibuat untuk meningkatkan daya saing dan juga daya tarik anda dari perusahaan tapi bagaimana jadinya jika pengalaman yang anda miliki malah melebihi pengalaman yang dicari oleh sebuah perusahaan. Contohnya, sebuah perusahaan sedang mencari staf untuk marketing tapi anda memiliki pengalaman bekerja di perusahaan yang lebih besar sebagai seorang manajer. Hal ini mungkin akan membuat nilai saing anda menjadi terlalu tinggi dan kurang cocok dengan lowongan kerja online di infokerja.id yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon