17 Oktober 2019

Cara Mudah untuk Mencari Lowongan Kerja

Mencari Lowongan Kerja

Mencari pekerjaan yang tepat bisa jadi menjadi suatu hal yang dapat membuat Anda stres dan tertekan. Namun, Anda harus terus berusaha mencari lowongan kerja hingga mendapatkan pekerjaan yang tepat dan kestabilan finansial. Berikut beberapa cara yang dapat memudahkan Anda dalam mencari informasi terkait lowongan kerja yang tersedia:

1. Cari Info Loker di Koran

Cara ini mungkin merupakan cara yang kuno untuk mencari lowongan kerja, namun terkadang juga masih efektif. Di koran nasional maupun lokal biasanya terdapat iklan lowongan pekerjaan dengan beragam posisi, mulai dari perusahaan skala besar hingga usaha lokal yang membutuhkan pegawai.

2. Rajin Mengunjungi Situs Lowongan Kerja dan Iklan Baris

Di era serba digital seperti sekarang ini, informasi lowongan pekerjaan tersedia banyak di situs lowongan kerja dan situs iklan baris. Anda dapat menemukan beragam lowongan pekerjaan di situs iklan baris seperti iklan.gratis. Anda sebaiknya mendaftar atau memiliki akun di iklan baris tersebut agar mendapatkan benefit yang maksimal dalam mencari lowongan pekerjaan.

Cara mendaftarnya juga sangat mudah, Anda bisa menggunakan email. Dengan mendaftar, Anda juga akan mendapat notifikasi saat ada postingan terkait lowongan pekerjaan terbaru atau relevan dengan kata kunci yang Anda cari.

Selain iklan baris, Anda juga dapat memanfaatkan situs lowongan kerja yang memang menspesifikasikan diri sebagai situs tempat bertemunya para pencari kerja dan pemberi kerja. Situs lowongan kerja biasanya juga dilengkapi dengan aplikasi ponsel sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya, kapan saja dan di mana saja.

Di dalam situs lowongan kerja, terdapat beberapa jenis pekerjaan yang biasanya ditawarkan, full time, part time dan freelance. Jika Anda menyukai kerja yang tidak terikat beragam aturan dan waktu, Anda dapat memilih lowongan kerja freelance. Cukup banyak lo freelance yang memiliki kemapanan finansial dan kebebasan waktu dalam bekerja. Namun, jika Anda menyukai kepastian pendapatan, maka anda sebaiknya memilih lowongan kerja part time dan full time.

3. Perbanyak Relasi

Memperbanyak relasi juga dapat menjadi cara mencari lowongan pekerjaan yang efektif. Relasi yang bagus dan banyak dapat memberikan Anda peluang mendapatkan pekerjaan. Karena tidak menutup kemungkinan, relasi Anda memiliki usaha atau rekannya memiliki usaha juga yang membutuhkan karyawan atau pegawai. Jadi tidak salah jika ada jargon yang menyatakan bahwa “relasi adalah investasi”.

4. Mengikuti Job Fair

Job Fair merupakan salah satu cara mudah dan praktis mendapatkan beragam informasi lowongan kerja. Di dalam job fair banyak perusahaan atau institusi yang menawarkan lowongan pekerjaan, sekaligus membuka penerimaan lamaran dengan sistem drop CV. Jadi, saat mengikuti job fair, jangan lupa mempersiapkan CV terbaik Anda. Hal ini agar Anda bisa langsung memasukkan lamaran Anda saat menemukan lowongan yang cocok dengan harapan Anda.

5. Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial juga bisa menjadi tempat mencari lowongan kerja via online. Anda dapat menggunakan hastag yang relevan, misalnya #loker #lowongankerja #infoloker #infolowongankerja dan sebagainya untuk mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan. Anda juga dapat menggunakan kolom pencarian untuk mencari postingan terkait dengan peluang lapangan kerja yang ditawarkan.

Media sosial juga bisa digunakan untuk mempromosikan diri dengan keahlian yang Anda miliki, misal membuat desain grafis, melukis, menulis, dan sebagainya. Barangkali ada rekan yang menawarkan lowongan pekerjaan terkait dengan keahlian Anda, atau Anda dapat membangun usaha sendiri melalui keahlian tersebut.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon