27 November 2019

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Pasang Iklan Lowongan Kerja di Jakarta


Ketika Anda diminta oleh perusahaan Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di Jakarta dan sekitarnya. Pastikan dulu beberapa hal berikut ini agar pelamar pekerja yang masuk ke perusahaan Anda benar-benar berkualitas dan bekerja dalam jangka waktu lama.

Media pasang iklan

Sekarang ini tidak hanya media surat kabar yang bisa digunakan untuk pasang iklan lowongan, tetapi juga media sosial seperti instagram, facebook, dan website. Namun demikian, ketika Anda lebih memilih memasang iklan di website, perhatikan beberapa aspek berikut.

a. Luas jejaring website

Ketika Anda ingin pasang iklan, luas jejaring website yang dimiliki oleh website yang bersangkutan akan membantu Anda untuk mendapatkan pelamar sebanyak lowongan yang sedang dibuka. Misalnya saja, saat Anda pasang lowongan kerja di area Jakarta dan sekitarnya, akan lebih baik jika Anda memasang iklan di website yang jangkauannya tidak hanya area Jakarta tetapi juga area lain, seperti Depok, Bogor, dan Bekasi.

b. Harga iklan

Website maupun media sosial sekarang ini menjadi pilihan untuk memasang iklan lowongan dibandingkan dengan iklan di surat kabar. Hal ini karena harga iklan di media website umumnya lebih murah dan orang yang mengakses iklan lebih banyak. Oleh karena itu, sebelum memasang iklan, pastikan harga iklan yang akan dipasang di website dan model harga yang diterapkan, misalnya saja paket harga iklan untuk tayang 1 minggu atau paket harga untuk iklan yang tayang 2 minggu.

c. Lama waktu pasang

Selain harga, tentukan dulu lama waktu pasang iklan yang dibutuhkan. Hal tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kriteria pekerjaan yang terpasang di iklan.

d. Desain iklan

Desain iklan yang terpasang di website umumnya akan berbeda dengan desain iklan umum di surat kabar. Itu sebabnya, Anda perlu memikirkan desain iklan yang sesuai dengan cerminan perusahaan Anda. Dengan begitu, sedikit banyak calon pekerja di perusahaan Anda mendapat sedikit gambaran perusahaan yang memasang iklan bergerak di bidang usaha seperti apa.

Kriteria lowongan

Ketika Anda ingin memasang iklan untuk mendapatkan pekerja yang menempati posisi tertentu, jelaskan kriteria lowongan yang akan dipasang. Kriteria ini bisa meliputi beberapa hal seperti:

a. Posisi yang dibuka

Anda harus menjelaskan posisi pekerjaan apa saja yang sedang dibuka di perusahaan Anda, agar para pelamar bisa menyesuaikan kemampuan yang dimiliki dengan posisi yang dibuka.

b. Kualifikasi pendidikan

Salah satu aspek yang penting saat memasang iklan adalah kualifikasi pendidikan yang diinginkan perusahaan. Kualifikasi pendidikan ini sedikit banyak akan berhubungan dengan kemampuan adaptasi dari calon karyawan yang bersangkutan.

c. Kualifikasi keahlian

Untuk beberapa lowongan pekerjaan yang membutuhkan keahlian atau pengalaman kerja, Anda perlu menambahkan berapa tahun pengalaman yang perlu dimiliki oleh calon karyawan.

Alamat kirim dokumen

Pastikan alamat perusahaan maupun email yang digunakan untuk para pelamar memasukkan lowongan tertera jelas didalam iklan, sehingga Anda lebih mudah menyaring calon pelamar yang cocok dengan kriteria yang diinginkan.

Jangka waktu kirim dokumen

Saat Anda ingin memasang lowongan kerja di Jakarta pastikan terlebih dahulu jangka waktu untuk kirim dokumen bagi para pelamar kerja. Jangka waktu ini akan memberikan Anda perkiraan waktu untuk melakukan proses rekruitmen sejak awal hingga ada kandidat yang diterima bekerja. Jangka waktu yang benar juga akan memberi gambaran pada para pelamar kerja, media apa yang perlu digunakan untuk memastikan lamaran pekerjaan yang dikirim terbaca oleh team rekrutmen perusahaan Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon