Produk dan Profil Perusahaan Asuransi Bumiputera

Friday, August 17, 2012

Bagikan ya :
asuransi bumiputeraAsuransi Bumiputera adalah perusahaan asuransi dari Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1912, awalnya diprakarsai oleh seorang guru bernama M. Ng. Dwidjosewojo. Beliau menjabat sebagai Sekretaris Persatuan Guru-guru Hindia Belanda atau sering disebut sebagai PGHB dan merupakan Sekretaris I Budi Utomo.

Awalnya gagasan guru ini untuk mendirikan Asuransi Bumiputera adalah untuk para guru bumiputera (istilah untuk 'pribumi' pada kala itu). Idenya tersebut tercetus pada waktu Kongres Budi Utomo. Maka pada tanggal 12 Februari 1912, Asuransi Bumiputera atau dikenal juga sebagai AJB Bumiputera berdiri sebagai sebuah badan usaha. Tepat pada tahun 2012, Asuransi Bumiputera telah melayani asuransi masyarakat Indonesia selama 100 tahun dan dibarengi juga dengan perubahan logo baru perusahaan yang semakin elegan.

Logo baru Bumiputera menggambarkan sebuah mahkota dan aksesori kepala tradisional yang terdiri dari tiga figur manusia. Logo tersebut dikatakan mewakili kesatuan dan kebersamaan seluruh rakyat Indonesia dan menggunakan warna biru. Simbol mahkota tersebut berada tepat diatas huruf 'i' dan seakan membentuk sebuah pohon yang melambangkan pertumbuhan dan pembaruan.

logo asuransi bumiputera
Logo yang dinamakan sebagai 'Trisula Sancaya Bumiputera' (tiga kekuatan terhimpun) mewakili simbol tiga orang guru yang merupakan pendiri Bumiputera yakni M Ng Dwidjosewojo, MKH Soebroto, dan M Adimidjojo.

Pendiri Bumiputera sendiri dikenal sebagai 'tiga serangkai' Bumiputera yakni M. Ng. Dwidjosewojo sebagai Presiden Komisaris, kemudian ada M.K.H. Soebroto menjabat sebagai direktur dan M. Adimidjojo sebagai Bendahara. Oleh karena itu, Asuransi Bumiputera memang dari awal tidak seperti perusahaan Perseroan Terbatas lainnya yang dimiliki oleh satu orang pemodal. Sebaliknya daripada hal tersebut, Bumiputera berprinsip pada badan usaha bersama yakni pemegang polis adalah pemilik perusahaan dan menunjuk wakil mereka dari BPA atau Badan Perwakilan Anggota. Namun tidak hanya didasarkan pada asas kerja sama tetapi juga dikelola secara profesional.

Ya, perusahaan Asuransi Bumiputera menjadi saksi perjalanan Bangsa Indonesia sendiri dan bukan tidak mengalami pasang-surut selama perjalanannya tersebut. Asuransi Bumiputera pun pernah mengalami masa-masa sulit, salah satunya adalah ketika sanering mata uang rupiah pada tahun 1965 yang terpaksa harus memangkas aset perusahaan dan kemudian pada millenium kedua harus ikut merasakan dampak dari krisis moneter. Asuransi Bumiputera mampu membuktikan bahwa mereka mampu bertahan di masa-masa krisis dan sampai sekarang mampu bersaing dengan para kompetitor lainnya yang mulai memasuki pasar domestik. Namun, hal ini dianggap mereka sebagai sumber motivasi yang semakin meningkatkan profesionalisme mereka untuk meningkatkan layanan Asuransi Bumiputera.

Produk Asuransi Bumiputera
Produk asuransi Bumiputera sendiri cukup banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Berikut beberapa produk Asuransi Bumiputera yang dimiliki oleh mereka, sekaligus juga bisa menjadi gambaran bagi Anda yang mungkin ingin menjadi nasabah Asuransi Bumiputera:

Asuransi Jiwa Perorangan
Asuransi Jiwa Perorangan yang ditawarkan oleh Asuransi Bumiputera pun masih dibagi lagi menjadi sekitar 14 sub-unit lagi, yakni antara lain sebagai berikut yang dipaparkan di bawah ini. Asuransi ini berfungsi sebagai tabungan dan perlindungan.

1. Mitra Prima
2. Mitra Pelangi
3. Ekawaktu Ideal
4. Mitra Oetama
5. Mitra Beasiswa
6. Mitra Permata
7. Mitra Melati
8. Mitra Cerdas
9. Mitra Sehat
10. Mitra Abadi
11. Mitra Poesaka
12. Mitra Dana
13. Mitra Guru
14. Mitra BP-Link

Asuransi Jiwa Kumpulan
Asuransi Jiwa Kumpulan yang ditawarkan oleh Asuransi Bumiputera terbagi lagi menjadi 7 bagian. Asuransi ini lebih difokuskan kepada keamanan finansial Anda.

1. Asuransi Kredit
2. Asuransi Ekawaktu
3. Asuransi Kecelakaan
4. Mitra Medicare
5. Program Kesejahteraan Karyawan
6. Asuransi Idaman
7. Anuitas

Asuransi Perorangan Syariah
Asuransi Perorangan Syariah adalah tabungan sekaligus perlindungan yang lebih difokuskan pada dana naik haji dan disesuaikan dengan Hukum Islam. Ada dua sub-unit lagi yang ditawarkan oleh Asuransi Bumiputera untuk kategori asuransi syariah ini:

1. Mitra Mabrur Plus
2. Mitra Iqra Plus

Asuransi Kumpulan Syariah
Asuransi Kumpulan Syariah lebih difokuskan kepada perlindungan oleh karena segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Ada 3 sub-unit lagi untuk kategori asuransi Bumiputera yang ini, yakni sebagai berikut:

1. Mitra Ekawarsa
2. Mitra Perlindungan Kecelakaan Diri
3. Mitra Ta'awun Pembiayaan

DPLK AJB Bumiputera 1912
DPLK AJB Bumiputera 1912 adalah pengembangan bisnis AJB Bumiputera untuk pengelolaan dana pensiun yang baik untuk masa depan yang lebih baik. DPLK AJB Bumiputera 1912 ini dibentuk untuk penyediaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan yang menguntungkan para pesertanya dan telah disahkan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia dengan SK Nomor: KEP 93/KM.10/2007 tanggal 2 Mei 2007. Program ini bisa diikuti oleh mereka yang berusia 18 tahun ke atas.

Nah, dengan mengetahui program-program yang dimiliki oleh Asuransi Bumiputera tentu Anda dapat mempertimbangkan apakah akan memulai atau tidak. Jika ada yang ingin ditanyakan lagi, Anda pun bisa menghubungi agen asuransi Bumiputera atau langsung ke kantor resminya.

Baca juga:
Asuransi Ramayana
Asuransi Takaful

Silahkan Bagikan Artikel ini ya Teman :)
Bagikan ya :

2 comments: