Asuransi Kesehatan - Mengenal Berbagai Jenis Produk dan Program Asuransi Kesehatan

Friday, August 3, 2012

Bagikan ya :
asuransi kesehatanAsuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang sering ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang menjamin biaya kesehatan atau biaya perawatan ketika di rumah sakit. Jadi, ketika seorang anggota asuransi tersebut jatuh sakit dan harus dirawat maka semua biaya yang akan dikeluarkan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Ada dua jenis perawatan yang ditawarkan oleh pihak asuransi kepada pemegang polis yakni: rawat inap dan rawat jalan.

Perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kesehatan ini meliputi perusahaan asuransi jiwa, perusahaan asuransi sosial dan perusahaan asuransi umum. Salah satu perusahaan asuransi sosial milik Negara di Indonesia yang cukup dikenal adalah PT. Askes Indonesia. Asuransi ini disediakan terutama bagi pegawai negeri sipil dan juga non-sipil. Para pensiunan dan termasuk isteri atau suami akan dijamin seumur hidup. Anak-anak pun mendapat perlindungan hingga usia 21 tahun. PT Askes adalah milik BUMN. Program ini telah dimulai sejak tahun 1968.

Sedangkan bagi warga Indonesia yang bukan golongan pegawai, disediakan juga asuransi kesehatan yang disebut sebagai Jamkesmas - Jaminan Kesehatan Masyarakat. Program asuransi kesehatan ini dibiayai oleh APBN. Selain itu, terdapat juga Jamkesda dan Jamkesos yang merupakan penyelenggaraan dari satu pemerintah provinsi atau daerah.

Data terakhir mengenai asuransi kesehatan di Indonesia pada tahun 2010, terdapat 120,2 juta penduduk Indonesia yang telah mendapatkan asuransi kesehatan apakah dari PT Askes Indonesia, Jamsostek, PT Asabri, Jamkesman dan asuransi lainnya seperti Sinar Mas. Selain itu, beberapa perusahaan asuransi lainnya juga menyediakan berbagai varian asuransi jiwa dan kerugian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

Setidaknya ada tiga jenis asuransi kesehatan yang bisa Anda pertimbangkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa mempertimbangkan ketiga jenis asuransi berikut. Tapi kami tidak merekomendasikan perusahaan asuransi manapun dalam artikel ini agar berimbang.

1. Asuransi kesehatan dengan pola managed care
Di Indonesia, utamanya asuransi kesehatan dengan pola managed care ini disediakan oleh PT Askes Indonesia dan PT Jamsostek. Dalam asuransi metode ini biasanya pihak asuransi telah memiliki rumah sakit dan dokter serta klinik rekanan dari mereka. Jadi, Anda dapat memilihnya sesuai dengan daftar yang ada. Jadi, setiap pemegang asuransi berhak memiliki dokter masing-masing, biaya kunjungan tidak dikenakan biaya, kecuali obat-obat resep dari dokter. Jika pemegang asuransi melakukan perawatan di luar dari dokter atau rumah sakit rekanan pihak asuransi maka tidak akan bisa diklaim.

Pihak asuransi sendiri membayar dokter atau rumah sakit yang termasuk dalam jaringan rekanan mereka setiap bulan dan dihitung berdasarkan pemegang asuransi yang dilayani bukan berkunjung. Jadi, para dokter akan semakin termotivasi untuk menjaga kesehatan masyarakat.

2. Asuransi dengan metode indemniti
Asuransi dengan metode indemniti ini memiliki keleluasaan bagi Anda untuk memilih dokter atau rumah sakit yang manapun yang Anda inginkan. Jika Anda menggunakan perawatan dari dokter atau rumah sakit yang bukan rekanan pihak asuransi, maka Anda akan mendapatkan sistem pergantian atau Anda dapat mengajukan klaim. Namun, jika Anda menggunakan perawatan dari dokter atau rumah sakit yang merupakan rekanan dari dari pihak asuransi, Anda tidak perlu membayar tunai. Yang penting perawatan memang sesuai dengan pilihan perawatan yang ditanggung oleh pihak asuransi.

Namun, jenis asuransi ini juga memiliki aturan mengenai batas jumlah klaim seperti deductible, co-insurance dan co-payment yang berbeda-beda antara satu pihak asuransi dengan yang lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu teliti dan memerhatikan berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku.

3. Self-insurance oleh pihak perusahaan
Perusahaan mungkin tempat Anda bekerja ada yang menyisihkan dana untuk biaya kesehatan Anda. Manfaat asuransi berbeda-beda antara satu perusahaan dengan yang lainnya karena tergantung pada kemampuan perusahaan Anda bekerja. Jadi, perusahaan sudah menetapkan suatu jumlah biaya pertanggungan. Jika perawatan pegawainya melebihi biaya tersebut, maka tidak ada penggantian dana yang kurang tersebut. Tetapi jika kurang, maka sisa dana tersebut bisa 'hangus' atau diberikan secara tunai.

Nah, dari sini Anda sudah dibekali mengenai asuransi kesehatan. Bagi Anda yang memerlukan asuransi kesehatan, Anda bisa mempertimbangkan poin-poin penjelasan yang diberikan demi kenyamanan Anda.

Baca juga:
Asuransi Mobil
Asuransi Pendidikan

Silahkan Bagikan Artikel ini ya Teman :)
Bagikan ya :

2 comments:

  1. Siloam Care adalah suatu perluasan dari pelayanan kesehatan dari Siloam Hospitals Group yang berupa suatu paket penjaminan biaya kesehatan yang komprehensif untuk Perusahaan. Siloam Care menggunakan konsep managed care, yang merupakan suatu system penyelengaraan kesehatan berjenjang yang berbasiskan dokter keluarga yang mengintergrasikan pembiayaan dan penyediaan perawatan kesehatan dalam suatu system pengendalian utilisasi dan biaya tanpa meninggalkan mutu untuk memberikan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

    ReplyDelete