04 Agustus 2012

Tips Memilih Produk Asuransi Mobil dan Daftar 15 Perusahaan Asuransi Mobil Terpercaya di Indonesia

asuransi mobilSemakin meningkatnya produksi dan penggunaan mobil maka pembelian asuransi mobil pun semakin meningkat dan sedang menjadi tren. Apalagi sekarang kecelakaan juga menjadi sering terjadi sehingga asuransi mobil diperlukan.

Hal ini akan mengurangi resiko kerugian akibat mobil yang mengalami kecelakaan. Asuransi kendaraan sendiri memiliki definisi sebagai asuransi yang khusus menanggung kendaraan yakni resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan Anda akan dialihkan pada pihak perusahaan asuransi. Nah, untuk memilih asuransi kendaraan, Anda perlu memerhatikan kekuatan keuangan, jasa servis yang diberikan dan biaya atau beban. Asuransi kendaraan sendiri memiliki dua jenis:
  • Asuransi mobil
  • Asuransi sepeda motor
Namun, asuransi kendaraan yang paling umum di Indonesia adalah asuransi mobil. Nah, apa saja yang menjadi pertimbangan Anda untuk memilih dan membeli asuransi mobil? Berikut beberapa tips atau pertimbangan yang bisa dipikirkan seputar asuransi mobil:

1. Kualitas
Kualitas memang selalu menjadi nomor satu, tidak terkecuali asuransi mobil. Nah, Anda pun bisa memilih asuransi mobil yang sudah memiliki predikat baik seperti mendapatkan penghargaan, antara lain Best General Insurance, Indonesian Customer Satisfaction Award dan Indonesian Best Brand Award yang bisa menjadi acuan bahwa asuransi mobil tersebut terpercaya, handal dan bertanggung jawab.

2. Biaya resiko sendiri
Sebaiknya pilih asuransi mobil yang menerima satu kali klaim saja untuk kumpulan tabrakan dalam waktu yang berbeda-beda, ketimbang asuransi mobil yang menerapkan sistem klaim per kejadian kecelakaan atau per benturan. Tentu Anda mesti membayar biaya own risk atau resiko sendiri yang nilainya sekitar Rp 100.000 beberapa kali karena harus bolak-balik ke bengkel. Belum lagi mungkin hasil pengerjaan bengkel tersebut tidak memuaskan karea merupakan bengkel yang tidak memiliki otoritas. Nah, dengan asuransi mobil yang menerima satu kali klaim maka Anda tidak perlu sering-sering ke bengkel yang akhirnya tidak membuat Anda rugi karena harus membayar biaya Own Risk atau OR, waktu Anda juga tidak terbuang, apalagi bengkelnya merupakan bengkel resmi.

3. Perhatikan bengkel rekanan pihak asuransi
Seperti yang sudah disinggung di awal maka pilihlah pihak perusahaan asuransi yang memiliki bengkel rekanan yang memang memiliki kredibilitas yang baik. Hal ini akan membuat Anda tidak perlu bolak-balik bengkel karena pengerjaannya yang tidak beres dan tidak akan membuang-buang waktu Anda.

4. Proses klaim asuransi mobil
Adalah hal yang paling baik untuk memilih pihak asuransi dengan proses klaim yang tidak berbelit alias mudah. Ada beberapa pihak asuransi mobil yang menetapkan aturan yang rumit yakni misalnya seperti harus menunggu pihak surveyor dan kemudian harus berdebat lagi dengannya dan penerimaan SPK atau Surat Perintah Kerja juga memakan beberapa hari agar pihak bengkel dapat melakukan pekerjaan perbaikan terhadap mobil Anda. Tentu hal ini akan membuat Anda menyia-nyiakan banyak waktu. Oleh karena itu, pilih asuransi mobil yang menyediakan klaim asuransi dan menerima Surat Perintah Kerja dalam hitungan waktu kurang dari 30 menit.

5. Spare-Part Asli
Pilihlah asuransi mobil yang memang menjamin bahwa spare-part yang digunakan adalah yang asli dan bergaransi sehingga tidak menimbulkan kerugian di pihak Anda.

6. Fitur tanggung jawab pihak ketiga
Kadang-kadang kejadian kecelakaan justru menyebabkan pihak ketiga mengalami kerusakan yang lebih parah ketimbang kita. Belum lagi jika pengemudi atau penumpang juga terkena konsekuensinya. Maka dari itu, Anda dapat memilih dan membeli asuransi mobil yang memberikan pertanggungjawaban kepada pihak ketiga lebih besar agar Anda bisa tidak terbebani oleh biaya ekstra, kemudian pengemudi atau penumpang juga memiliki perlindungan.

7. Perlindungan 24 jam
Tahukah Anda bahwa ada beberapa asuransi mobil yang memiliki ketentuan batas wilayah dan jam? Oleh karena itu, cermatilah ketentuan asuransi mobil tersebut. Sebaiknya pilihlah asuransi mobil yang menjamin perlindungan di luar daerah dan memiliki nomor telepon yang mudah dihubungi selama 24 jam agar meminimalisir kekuatiran Anda untuk melakukan perjalanan. Lagipula, asuransi mobil berguna untuk membuat Anda tidak kuatir terhadap mobil Anda.

Nah, dari beberapa poin di atas, Anda memiliki acuan dalam hal pemilihan pihak asuransi mobil yang akan menjamin mobil Anda apakah karena kerusakan atau kehilangan. Anda pun perlu cermat memerhatikan ketentuannya, tidak hanya harga preminya saja. Dan berikut adalah daftar perusahan dengan produk asuransi mobil terpercaya di Indonesia.

1. ABDA Auto Insurance
Company PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk.
Website www.abdainsurance.co.id

2. ACA Auto Insurance
Company PT. Asuransi Central Asia
Website www.aca.co.id

3. Allianz Auto Insurance
Company PT Asuransi Allianz Utama Indonesia
Website www.allianz.co.id

4. Autocillin Auto Insurance
Company PT. Asuransi Adira Dinamika
Website www.asuransi.adira.co.id

5. AXA Auto Insurance
Company PT. Asuransi AXA Indonesia
Website www.axa-insurance.co.id

6. Bringin General Auto Insurance
Company PT. Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur
Website www.bringininsurance.com

7. Garda Oto Auto Insurance
Company PT. Asuransi Astra Buana
Website www.asuransi.astra.co.id

8. JaPro Car Auto Insurance
Company PT. Asuransi Jaya Proteksi
Website www.jayaproteksi.com

9. Jasindo Oto Auto Insurance
Company PT. Asuransi Jasa Indonesia
Website www.jasindo.co.id

10. JP-ASTOR Auto Insurance
Company PT. Asuransi Jasaraharja
Website www.jasaraharja-putera.co.id

11. Mega Mobil Auto Insurance
Company PT. Asuransi Umum Mega
Website www.megainsurance.co.id

12. Mitsui Sumitomo Indonesia Auto Insurance
Company PT. Asuransi MSIG Indonesia
Website www.msig.co.id

13. Mobil Koe Auto Insurance
Company PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967
Website www.bumida.co.id

14. Rama Auto Insurance
Company PT. Asuransi Rama Satria Wibawa
Website www.ramains.com

15. Simas Mobil Auto Insurance
Company PT. Asuransi Sinar Mas
Website www.sinarmas.co.id

Baca juga:
Asuransi Pendidikan
Asuransi Prudential

Artikel Terkait

4 komentar

visit me http://www.prediktorkunfayakun.blogspot.com/

informasi asuransi mobil yang bermanfaat. terimakasih

Bagi pemilik mobil baru berumur 5 tahun ke bawah aku sarankan Avrist kerana permohonannya mudah, mahu klaim juga sangat mudah. Tetapi pengguna mobil lain, keperluan pun lain jadi cuba buat simulasi dulu di http://www.aturduit.com/asuransi-mobil/ untuk dapatkan yang sesuai dengan diri sendiri.

Asuransi mobil memang sangat diperlukan saat ini untuk menghindari resiko yang lebih besar.


EmoticonEmoticon