16 Oktober 2012

Lowongan Kerja World Bank Indonesia



Lowongan Kerja World BankWorld Bank Indonesia adalah perwakilan Bank Dunia atau World Bank untuk negara Indonesia. World Bank atau Bank Dunia sendiri merupakan lembaga keuangan Internasional yang berperan penyedia pinjaman bagi negara-negara berkembang untuk mendukung pemberian modal bagi negara-negara tersebut.

World Bank sendiri memiliki tujuan mengurangi kemiskinan di berbagai negara. World Bank berfokus terhadap bidang pendidikan, industri dan pertanian. Di Indonesia sendiri dengan penduduk sebanyak 234 juta berdasarkan data website World Bank Indonesia di situs WorldBank.org/in/country/Indonesia terdapat 32 juta orang yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Hal ini dikarenakan oleh pertumbuhan lapangan kerja yang lebih lambat daripada pertumbuhan penduduk.

Namun, begitupun memang Indonesia masih mencatat sisi positif karena dalam kondisi kemerosotan ekonomi global, Indonesia masih bisa bertahan dan bahkan memberikan statistik pertumbuhan yang signifikan.

Indonesia sendiri bersama dengan World Bank Indonesia memiliki rencana pembangunan di tahun 2009-2014 yang berfokus pada hal-hal berikut ini:
-meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) Indonesia
-mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
-memperkuat daya saing ekonomi Indonesia.

Lowongan Kerja World Bank Indonesia
Anda yang ingin menjadi bagian dari tujuan World Bank Indonesia tersebut diundang untuk mengirimkan aplikasi lowongan kerja World Bank Indonesia dan bergabung untuk memajukan perekonomian Indonesia secara khusus, serta secara umum bersama-sama mengurangi kemiskinan di dunia. Pada Oktober 2012 ini telah dibuka kesempatan karir di World Bank Indonesia sebagai Environmental Safeguards Specialist dengan deadline 6 November 2012.

Sebagai Environmental Safeguards Specialist, Anda diharapkan mengerti bahwa World Bank bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam urusan peningkatan pelayanan di berbagai sektor infrastruktur seperti transportasi, pasokan air dan sanitasi, pengelolaan sumber daya air, energi dan irigasi dan bidang pertanian. Tentunya beberapa ke-10 kebijakan berikut ini juga harus dipahami oleh calon pelamar:

6 Kebijakan Pengamanan Lingkungan yang mencakup:
-Pengkajian Lingkungan
-Habitat Alam
-Pengelolaan Hama
-Hutan
-Keamanan Bendungan
-Sumber Daya Budaya Fisik

2 Kebijakan Pengamanan Lingkungan Sosial yang mencakup:
-Pemukiman Kembali
-Masyarakat Adat

2 Kebijakan Hukum Pengamanan Lingkungan yang mencakup:
-Proyek di daerah sengketa
-Proyek di International Waterways

Syarat dan kriteria calon pemohon lowongan kerja World Bank Indonesia adalah sebagai berikut:
1. Gelar Master atau memiliki memiliki kualifikasi akademik yang sesuai dengan bidang pekerjaan ini yakni misalnya teknik, ekonomi atau biologi, dll.
2. Berpengalaman minimal 5 tahun dalam bidang lingkungan, dan akan lebih disukai lagi jika telah berpengalaman di proyek infrastruktur dan pertanian.
3. Memiliki pengetahuan tentang Undang-undangan mengenai Lingkungan dan Lembaga-lembaga yang ada di negara Indonesia.
4. Kenal dekat dengan kebijakan pengamanan lingkungan dari World Bank seperti yang telah disebutkan di poin-poin Kebijakan Pengamanan Lingkungan di atas dan interpretasi para pelamar.
5. Memikiki wawasan terhadap isu-isu perlindungan sosial seperti permukiman kembali menjadi nilai tambah tersendiri.

Selain syarat dan kriteria secara umum di atas, pelamar lowongan kerja World Bank Indonesia juga sebaiknya memiliki kriteria khusus sebagai berikut:
-Memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim yang multi-disiplin yang berbasis di berbagai lokasi dan berbagai tugas yang beragam dan kompleks.
-Memiliki orientasi kerja yang kuat untuk membangun pemahaman di antara rekan-rekan lembaga pelaksana.
-Dapat bekerja dengan pengawasan yang terbatas dan di bawah jadwal yang ketat.
-Memiliki kegemaran untuk memecahkan masalah daripada hanya mengidentifikasi masalahnya.
-Mampu berpikir inovatif dan dapat bernegosiasi secara efektif.
-Memiliki keterampilan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonensia. Dalam aplikasi lamaran diharapkan untuk membuat tulisan dalam bahasa Inggris.
-Bersedia untuk ditugaskan ke berbagai daerah di Indonesia dan melakukan perjalanan Internasional jika diperlukan.

Anda yang memenuhi kriteria lowongan kerja World Bank Indonesia ini sebagai Environmental Safeguards Specialist bisa mengirimkan aplikasi Anda ke website World Bank Indonesia. Atau jika diperlukan, Anda perlu mencatat alamat World Bank Jakarta yakni tertera di bawah ini:

Indonesia Stock Exchange Building, Tower 1, 9th Floor. Jl. Jenderal Sudirman Kav 52-53, Jakarta 12190. (+62-21) 5299-3000, alamat email di wbindonesia@worldbank.org. Alamat tersebut merupakan kontak kantor perwakilan World Bank di Indonesia, tepatnya di Ibu kota negara - Jakarta. Diharapkan Anda yang memenuhi kualifikasi segera mengirimkan aplikasi lamaran lowongan kerja World Bank Indonesia sebelum tanggal 6 November 2012.

Baca juga:
Saham dan Kredit Pemilikan Rumah Bank Muamalat
Reksadana Bank Commonwealth

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon