30 Juni 2021

Perkembangan Fintech di Dunia

Tags



Saat ini perkembangan Fintech semakin pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Pasalnya Fintech merupakan suatu inovasi dalam industri jasa keuangan yang menggunakan teknologi modern. Fintech ini hadir dengan berbagai produk dalam bentuk sistem yang khusus dibuat untuk melakukan mekanisme transaksi dalam bidang keuangan. 

Kehadiran Fintech dengan beragam produk ini tentu memberikan pengaruh baik di bidang permodalan.  Namun, meskipun sudah berkembang pesat dan masyarakat cukup mengenal Fintech, tetapi banyak yang masih kurang update tentang perkembangan Fintech.

Perkembangan Fintech Dunia

Kehadiran komputer pertama kali pada tahun 1960- 1970 yang dilengkapi dengan jaringan internet telah memberikan peluang bagi para pelaku bisnis untuk berkembang di berbagai bidang termasuk finansial.  Salah satunya adalah Fintech yang merupakan perusahaan dalam bidang jasa keuangan yang mengusung teknologi modern. Tujuannya adalah untuk memudahkan dan mempercepat layanan keuangan yang ditawarkan. 

Selanjutnya Fintech pun semakin berkembang pesat dengan banyaknya perusahaan startup yang mulai tumbuh yaitu perusahaan rintisan di bidang teknologi dan informasi.  Fintech berperan menghadirkan cara pembayaran yang jauh lebih mudah dengan berbagai terobosan baru dalam melayani individu dan perusahaan. Lalu, bagaimana awalnya hingga Fintech mampu merajai dunia bisnis di sektor keuangan?

Nah, simak perkembangan Fintech dan perusahaan Fintech dari tahun ke tahun.

  • Tahun 1980:  Fintech mulai hadir  seiring perbankan dunia yang turut menggunakan sistem pencatatan data memakai komputer. Hal ini didukung dengan kehadiran perusahaan e-trader di tahun 1982 yang mendorong Fintech lebih maju. Perusahaan E-trade merupakan contoh perusahaan yang sukses mengelola teknologi modern.
  • Tahun 1990: saham online salah satunya brokerage saham online memudahkan calon investor dalam melakukan penanaman modal sehingga model finansial e-trade banyak dipakai. 
  • Tahun 1998: perbankan dunia menghadirkan sistem online banking untuk nasabah agar  mereka dapat bertransaksi dengan lebih mudah dan praktis. Di masa ini Fintech pun mulai viral dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat.
  • Tahun 2005: Fintech pertama, Zopa telah hadir di Inggris dalam bentuk P2P Lending (Peer to Peer Lending). Selanjutnya disusul oleh P2P Lending Funding Circle lain yang mengucurkan dana pinjaman untuk UMKM.
  • Tahun 2006: P2P Lending hadir di Amerika yaitu Lending Club dan Prosper Marketplace.
  • Tahun 2007: Berdasar data Bank Dunia, pengguna Fintech  mulai mencapai 7%.
  • Tahun 2011: Fintech pun mulai hadir di Tiongkok. 
  • Tahun  2014: Pengguna Fintech  telah mencapai 36%. 
  • Tahun 2017: Pengguna Fintech pun berkembang hingga 78% dengan nilai transaksi mencapai Rp202,77 triliun.

Pada akhirnya Fintech ini semakin meluas dan membuat banyak perubahan yang cukup signifikan termasuk gaya hidup masyarakat modern. Konsumen pun mulai meminjam uang atau kredit melalui Fintech. Mereka tidak melulu meminjam uang ke bank yang selanjutnya dianggap sebagai cara yang konvensional. Sebut saja saat ini banyak pengguna Fintech yang memiliki pinjaman modal melalui platform online seperti Peer-to-peer (P2P).

Faktor yang Mendorong Perkembangan Fintech 

Melihat sejarah perkembangan Fintech di atas, bisa dicatat apabila terdapat beberapa faktor yang mendukung perkembangan Fintech. 

1. Teknologi modern
Teknologi  modern yang semakin berkembang pesat  serta munculnya perangkat baru mendorong Fintech lebih cepat berkembang.

2. Inspirasi pelaku bisnis Fintech 
Keberhasilan perusahaan startup menerapkan Fintech khususnya P2P lending yang menarik, mendorong para generasi muda bermimpi untuk dapat bergerak lebih maju. 

Nah, itulah penjelasan tentang perkembangan Fintech  dunia dari tahun ke tahun yang begitu cepat  hingga menjadi populer di kalangan masyarakat dunia. Dapat dikatakan jika gaya hidup dan teknologi berperan besar dalam mendukung eksistensi dan kiprah Fintech di masyarakat dunia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon